Kamis, 23 Juni 2016

Apa sih Ilmu dan Teknologi Pangan itu?








          Teknologi pangan merupakan penerapan ilmu dan teknik pada penelitian, produksi, pengolahan dan pengawetan, distribusi, serta penyimpanan dan pemanfaatannya. Agar dapat berkembang semakin canggih, maka teknologi pangan harus didukung oleh ilmu pangan, ilmu kimia pangan, ilmu mikrobiologi pangan, ilmu fisika pangan, serta ilmu teknik pemrosesan pangan.

APA ITU JURUSAN/PROGRAM STUDI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN ?

          Program studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) sudah banyak dibuka di beberapa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dengan berbagai nama yang berbeda, seperti : Teknologi pangan, Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pangan, Teknologi Pangan dan Gizi, dan sebagainya.
          Program studi Ilmu dan Teknologi Pangan merupakan bidang ilmu inter-disiplin yang berfokus pada pembahasan seputar pangan. Porsi dasar yang paling banyak dikaji adalah ilmu kimia dan ilmu biologi dengan porsi lebih banyak pada mikrobiologi, kemudian ilmu fisika, ilmu ekonomi dan manajemen, serta sebagian kecil dari ilmu lainnya seperti matematika, penerapan ilmu komputer dan sebagainya.


BENARKAH ITP DIBUTUHKAN DI INDONESIA ?

          Yup dan SANGAT ! Indonesia adalah Negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Di tahun 2013 saja jumlah penduduk di Indonesia mencapai 250 juta jiwa. Dan Indonesia merupakan Negara Agraris yang kaya akan hasil pertanian, kehutanan, peternakan, dan perikanan.
Kondisi alam tersebut memberikan peluang bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan usaha di bidang pertanian maupun yang berkaitan dengan pertanian.
          Luasnya lahan pertanian serta besar dan kecilnya hasil pertanian, berpengaruh pada besarnya jumlah makanan hasil produksi pertanian yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia masih sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang ini, salah satunya tenaga ahli di bidang teknologi pangan. Mereka inilah yang nantinya akan membuat terobosan pembuatan makanan dari hasil pertanian yang ada dan mengembangkannya.
          Dengan adanya teknologi pangan, ketersediaan pangan di Indonesia akan selalu ada stoknya. Alam menghasilkan bahan pangan dengan secara berkala, sementara kebutuhan manusia akan pangan adalah rutin.
          Oleh karena itu, tidaklah mungkin menunda kelaparan hingga masa panen tiba. Dengan adanya teknologi pangan dengan teknik pengawetan, makanan dapat disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama.


BAGAIMANA PELUANG KARIERNYA ?

Peluang karier lulusan ini sangat luas, seluas banyaknya produk pangan yang beredar di pasaran. Kamu bisa bekerja di industri pangan, instansi pemerintah, bidang akademik, bisnis kuliner, dan bisnis retail.
1.     Di Instansi Pemerintahan
ü  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
ü  Kementrian Pertanian
ü  Kementrian Perindustrian
ü  Kementrian Perdagangan
ü  Dinas-dinas di pemerintah daerah bidang pertanian dan pangan
2.    Di Bidang Akademik
Peluang karier sebagai peneliti dan dosen masih banyak dibutuhkan di dalam dan luar negeri, termasuk peluang beasiswa untuk studi lanjut karena jurusan ini juga banyak dibuka baik di Negara maju maupun berkembang.
3.    Di Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner meliputi restoran dan catering. Peluang karier ini tidak akan pernah ada matinya. Asal kita selalu bisa kreatif dalam menciptakan makanan, maka ilmu dan teknologi pangan yang kita miliki akan selalu dibutuhkan di bisnis ini.
4.    Di Bisnis Retail
Yang dimaksud bekerja di supermarket/swalayan besar. Bisnis ini masih akan berkembang, sehingga masih akan membutuhkan keahlian dari lulusan Ilmu dan Teknologi pangan dalam menangani produk-produk berbahan pangan.
5.    Di Industri Pangan
Khusus di pabrik pengolahan pangan, kita akan bekerja di bagian Quality Assurance (bagian pengendalian mutu) dan Product Development (bagian pengembangan produk).







sumber : Kuliah Jurusan Apa ? Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar